Selasa, 17 Maret 2009

Lat

Pertama-tama, saya mau mengucapkan kekaguman kepada diri saya sendiri (walaupun harusnya sama Allah SWT) karena keproduktifitasan awal-awal saya. Maklum, saya bikin blog karena merasa banyak yang pingin saya tulis. Lagipula isi blog bebas kok jadi tenang saja.

Yayaya, jadi melihat judul saya "Lat" pasti banyak yang belum tahu lat itu apa. Jadi yang namanya Lat adalah sebuah judul komik dari malaysia yang kira-kira gambarnya seperti ini:
Merasa kenal dengan gaya gambar ini? saya sih kenal banget..
Menurut saya gambar ini sangatlah begitu mirip dengan komik yang kita kenal berjudul
"Benny & Mice". Betul, terutama gambar ibu-ibu pemegang roket tersebut, menurut saya sih ada karakter yang digambar persis sama gambar di komik Benny & Mice.

Mungkin ada yang sudah menangkap apa makna tulisan saya diatas?

Intinya saya tidak menaruh respek begitu tinggi terhadap Benny & Mice dikarenakan Lat.
Karena bagi Benny & Mice terlalu MIRIP dengan Lat, bukan sekedar terinspirasi lagi ini sih namanya. Bagi yang berminat saya kira komik ini bisa didapatkan di kinokuniya terdekat. Kalau dibaca pasti makin kentara, komik sindiran-sindiran dan kumpulan ilustrasi sindiran yang mirip. Cuman karena Benny & Mice settingannya Jakarta, maka jadinya lebih satir

Waktu itu saya pernah melihat artikel di blog lain mengenai wawancara dengan si pengarang Benny & Mice, mereka bilang dalam segi penceritaan mereka memang banyak terinspirasi dan mereka tidak mengaku terinspirasi tentang gambar.. tolong deh, ini bukti nyata...
Komik ini juga menginspirasi Matt Groening dalam membuat komiknya "The Simpsons". Kalau diperhatikan ada karakter yang mirip dengan karakter di Lat yang bernama Epit. Mirip memang, tapi sudah diadaptasi sedemikian rupa sehingga "Gaya Amerika" yang lebih diusung Matt Groening terasa berbeda dengan karya aslinya. Saya sendiri sih melihat kurang berkarakternya karakter di Benny & Mice dikarenakan masih terlalu sama.. Dan secara jelas, komik Lat sudah ada sejak tahun 70-an dan bahkan komik pendahulunya sudah ada sejak 60-an akhir, sementara Benny & Mice baru ada tahun 90-an akhir.

Lagi-lagi bangsa ini, membuat karya yang tidak kreatif seperti halnya buku harian nayla, dan juga penyihir cinta dan karya lainnya. Tapi tetap saja orang itu lebih hebat dari saya. Setidaknya mereka telah berkarya. Sekian dari saya, jaa..

*Soal Matt Groening, saya pernah baca di Reader's Digest.

1 komentar: