Minggu, 29 November 2009

Saya Rasa UN Lebih Baik Ada

Hai Hai semua!!

Menurut saya UN lebih baik tetap ada, soalnya kalau tidak ada.. Maka kelulusan akan ditentukan oleh soal buatan sekolah saya sendiri, dan saya rasa itu jauh lebih horror daripada UN itu sendiri, terutama yang biologi.. (peace bu). Sebenernya sih itu motif pribadi yang seenaknya dan ga ada hubungannya sama orang lain. Tapi berhubung hidup ini tidak sendirian apa boleh buat saya akan menuliskan sesuatu dengan motif orang lain.

1. Nanti orang lain tidak bisa daftar NTU (lagi-lagi motif diri sendiri). Soalnya pas daftar NTU kita ngaku-ngakunya SMU UAN Certificate.. Nanti kalau tidak ada bisa-bisa kita dicap pembohong oleh NTU (berlebihan). Sampai sekarang saya tidak tahu pengaruhnya jadi kita anggap hal ini tidak ada hubungannya dan tidak penting..
2. Kalau begitu nanti muncul standar kelulusan yang tidak jelas. Kalau kelulusan murni diserahkan kepada sekolah, ya semua guru juga maunya siswanya lulus!! nanti bisa-bisa tambah banyak kecurangan, iya kan? Kalau masalahnya gara-gara UN banyak yang ga lulus, atau dinilai menakut-nakuti siswa, SALAH SENDIRI GA BELAJAR DENGAN BAIK!!!! Beneran deh.. Ya okelah saya bisa bicara seperti ini karena (alhamdulillah) nilai-nilai saya sejauh ini cukup bagus, tapi lagi-lagi tugas seorang siswa ya belajar. Aduh pokoknya gitu deh..
3. Berikutnya, kalau ada yang protes "Masa kita belajar 3 tahun dan kelulusan cuma ditentukan dalam 3 hari?". Masa ya, masa ya... YANG NAMANYA FINAL TEST TUH YA HARUS TETEP ADA KALIII!!! Mahasiswa juga kelulusannya ditentukan dengan skripsi juga ga pernah protes. Lagian kalo 3 tahunnya bener, pasti 3 tahunnya bener juga dong? Ulangan umum sekolah juga ga pernah ada yang protes kan? Bisa aja kita berdalih kelulusan kita dalam satu semester itu ditentukan oleh seminggu ulangan umum kita, APA BEDANYA!!
4. Kalau anak daerah protes gini "Ya kan kita di daerah, pantes aja anak kota banyak yang lulus, cari apa-apa lebih gampang". Orang soal beda kabupaten aja beda. Jakarta selatan sama Jakarta timur aja udah beda!! Kata adek kelas saya yang waktu smp dulu dan bersekolah di jakarta timur muncul soal UN smp yang bertajuk "Nama latin dari penyakit ilmiah bla3x" sementara yang di jakarta selatan ga dapet.
5. Masalah utama sih terutama sama tenaga pendidik. JANGAN GABUT!! Anak-anak pada ga lulus itu biasanya disebabkan guru yang gabut. Didik dan ajarlah siswa-siswi anda dengan baik.. ingat itu!!
Entah kenapa tulisan saya kali ini berbeda.. agak terlalu bernafsu mungkin? Ouw, nafsu menderu-deru bikin maluuuuuu (ketularan cholil). Sudahlah, saya lagi aneh.. adios..

1 komentar:

  1. setuju sama nomer 5....masalah tambahannya lagi adalah masi ada kecurangan2 yg ada dlm UN...yang kunci jawaban via sms-lah (yg dengan gobloknya langsung di-terima jadi tanpa dicek terlebih dahulu), yg konspirasi sekolah-siswa agar lulus-lah (semoga yg ini tidak terjadi lagi karena katanya siswa akan disebar)...belum lagi kasus anak2 stress karena gak lulus UN...bahkan ada yg sampe bunuh diri......UN memang perlu, namun harus ada pembenahan dalam sistemnya agar masalah2 tsb tidak terjadi lagi.

    BalasHapus